Senin, 18 Februari 2013

I not stupid too


Film ini menceritakan tentang dua keluarga yang sama sama memiliki masalah. Keluarga pertama yaitu keluarga Tom Yoe, seorang anak SMA dan adiknya, Jerry yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Meskipun mereka orang berada, mereka sangat jarang sekali diperhatikan oleh kedua orangtua nya. Ibunya (Karen) seorang editor majalah dan Ayahnya (Steven) seorang pekerja kantor yang sangat amat sibuk. Jerry seorang anak yang pintar di sekolah tetapi ia tidak pernah mendapat pujian dari ibunya. Ia justru malah dimarahi karena nilainya tak pernah lebih baik dari sebelumnya. Sementara Tom sukses sebagai blogger tetapi kegiatan ‘ngeblog’nya itu hanya dibilang membuang buang waktu oleh ibunya. Keterbatasan komunikasi di antara anak dan orangtua itu membuat kakak-adik itu juga tidak akur. Apabila kedua anak itu memiliki keinginan yang hendak dibicarakan pada orangtua nya, mereka hanya menulis di atas kertas dan menempelkannya di kulkas.

Suatu ketika Jerry terpilih menjadi pemeran utama dalam pertunjukan yang akan diadakan sekolahnya pada tanggal 31 Agustus. Tetapi karena orangtuanya yang terlalu sibuk, Jerry terpaksa harus mencari uang untuk membeli waktu ayahnya.

Keluarga kedua yaitu Chengchai dan Ayahnya-Mr. Liem. Mereka hanya hidup sederhana dan tinggal berdua karena ibunda Chengchai sudah lama meninggal. Chengchai adalah sahabat Tom. Hobinya bela diri dan cita-citanya ingin seperti Jet Li. Sayang, ayahnya marah besar dan melarangnya meniru tokoh kesenangan anaknya itu. Jika Chengchai berbuat salah, ayahnya yang mantan narapidana dan cacat itu memukulinya. Kebiasaan dikasari itu membuat Chengchai berani melawan gurunya.
Hingga suatu saat, Tom ketahuan membawa film porno saat razia handphone dan dibela oleh Chengchai. Sampai akhirnya Tom dan Pak Fu (guru bahasa Cina disekolah itu) berkelahi. Kejadian itu membuat Chengchai harus dikeluarkan dari sekolah karena sebelumnya ia sering melanggar. Dan Tom dihukum dengan cara dipukuli dengan rotan di depan seluruh siswa  di sekolahnya. Kejadian Tom di rotan tersebut menuai protes dari teman teman Tom dan juga Ibunya Tom. Bahkan berita tersebut sampai masuk di koran.
Karena malu dengan dirinya, Tom dan Chengchai bergabung dengan genk anak jalanan yang dianggapnya senasib dengan mereka berdua. Sebagai ujian masuk ke dalam genk tersebut, Tom dan Chengchai harus mencuri iPod dari sebuah toko elektronik. Tapi nasib sedang tidak berpihak kepada mereka. Mereka tertangkap oleh dua orang yang mengaku sebagai polisi dan memeras mereka sebesar $2000 sebagai uang tutup mulut.
Sementara itu Jerry menjual semua koleksi Pokemonnya tetapi uangnya tidak cukup untuk membeli waktu ayahnya. Akhirnya ia nekat mencuri di kantin sekolah. Tetapi usahanya itu ketahuan oleh cctv yang dipasang sekolah. Sesampainya di rumah Jerry dimarahi kedua orangtua nya dan tangannya dipukul dengan rotan. Lalu Jerry menjelaskan semuanya kalau dia hanya ingin orang tuanya melihat pertunjukannya. Kedua orangtua nya tersadar kalau selama ini mereka jarang sekali memperhatikan kedua anaknya. Mereka pun akhirnya melihat blog milik Tom yang isinya mengenai curahan hati seorang anak yang tidak pernah mendapatkan pujian, kasih sayang dan perhatian dari orangtua nya.
Tom dan Chengchai pun ikut nekat mencuri kalung emas dari seorang nenek demi membayar kedua polisi gadungan tersebut. Tetapi setelah mencuri mereka pun tersadar bahwa perbuatannya tidak baik dan berusaha mengembalikan kalung tersebut kepada pemiliknya. Namun lagi lagi nasib tak berpihak kepada mereka. Nenek itu malah berteriak minta tolong dan orang orang yang ada disekitar sana malah menghajar masa Tom dan Chengchai. Saat dihajar masa, handphone 3G milik Tom jatuh dan tidak sengaja langsung tersambung ke handphone milik ayahnya. Ayahnya yang ingin melakukan presentasi tentang handphone 3G itu gagal dan langsung pergi untuk menolong Tom.
Sesampainya di tempat kejadian, orang tua dan nenek Tom menemui nenek yang telah dicuri kalungnya itu. Ayah Tom, tidak ingin anaknya masuk penjara. Ia sampai memohon kepada nenek tersebut agar tidak melaporkan kejadian ini kepada polisi. Untungnya sang nenek cukup berbaik hati ketika mendengar pembelaan sang ayah dan ibu mengenai bagaimana mereka selama ini telah salah mendidik anak-anaknya, sehingga sang nenek tidak melaporkan tentang hal pencurian tersebut dan memberikan mereka kesempatan kedua untuk memperbaiki diri.
Di lain tempat nasib Chengchai tidak seberuntung Tom. Chengchai masih saja dikejar kejar dan kejadian itu diketahui oleh ayahnya. Sontak ayahnya langsung menolong Chengchai. Tapi tragis. Ayahnya yang ingin menolongnya malah menjadi korban. Ayahnya terjatuh dan kepalanya mengalami benturan yang sangat keras sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ayahnya memiliki satu permintaan terakhir saat dirinya sedang sekarat yaitu ingin bertemu langsung dengan Kepala Sekolah untuk memohon kepada Kepala Sekolah agar Chengchai diterima kembali di sekolah. Tapi usahanya gagal, tetap saja Kepala Sekolah tidak mau menerimanya. Ayahnya juga sudah berusaha keras mencarikan sekolah untuknya. Ia telah mendaftar ke 100 sekolah di Singapura tetapi tidak ada satu pun sekolah yang mau menerima Chengchai. “Tidak ada guru yang gagal mendidik muridnya. Yang ada hanya orang tua yang gagal mendidik anaknya.” Sang ayah menasihati Chengchai. Jika memang ia suka bela diri, maka jadilah seorang petarung yang handal. Setelah ayahnya meninggal, Chengchai menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik dan ia sukses menjadi juara bela diri.
Dua polisi gadungan itu juga berhasil tertangkap oleh polisi saat Ayahnya menyerahkan uang tebusan kepada polisi gadungan tersebut. Tapi yang diberikan bukan uang asli melainkan uang palsu juga karena mereka juga palsu. “Kalian pun juga sama-sama palsu,” kata Ayahnya Tom.
Jerry juga sangat senang karena orang tuanya bersedia menonton pertunjukannya di sekolah tanpa harus membayar waktu kerja Ayahnya.
Di sisi lain orangtua menasihati anaknya demi kebaikan mereka. Tapi orang tua tidak tahu bagaimana perasaan anak saat di nasehati. Mereka merasa jenuh saat di nasehati. Mungkin kata kata yang diucapkan oleh orang tua akan masuk telinga kanan dan keluar di telinga kiri alias tidak di dengarkan oleh sang anak. Terkadang orangtua juga tidak tahu cara menunjukkan rasa kasih sayang terhadap anaknya. Mungkin mereka terlalu gengsi seperti Ayahnya Chengchai. Mereka juga terkadang lupa menyisihkan waktunya sejenak untuk anak anaknya seperti yang terjadi di keluarga Tom dan Jerry.

Semua orang punya impian
Dari impian, datang harapan
Semua orang perlu impian
Dengan impian ada kekuatan
Impian menyinari hatimu bagai mentari,
Menerangi seluruh duniamu
Impian membimbingmu ke jalan yang benar,
Memberimu keberanian untuk melangkah maju

Quotes

“Barang berguna dipakai dengan salah akan menjadi tidak berguna. Barang tidak berguna dipakai dengan benar akan menjadi berguna.”

F.A.M.I.L.Y = Father And Mother I love You

“Berikanlah lebih banyak pujian. Lihat sisi baik seseorang karena semua orang butuh pujian. Dari pujian datanglah harapan.”

“Fokus pada bakat mereka dan bukan pada kekurangan mereka, Itu kuncinya” - Pak Hao

Tidak ada komentar:

Posting Komentar