Senin, 18 Februari 2013

Seandainya aku menikmati kurikulum 2013


Tahun ini pemerintah akan mengganti kurikulum baru yang sudah ditetapkan yaitu Kurikulum 2013. Dan artinya semua tingkatan sekolah dari SD, SMP sampai SMA angkatan 2013 akan memakai kurikulum baru ini. Kurikulum 2013 di tingkat SMA mencakup beberapa hal baru, yaitu:
  1. UN tanpa pengawas ruangan
  2. UN akan ada 20 paket/ruangan
  3. Tidak akan ada penjurusan (IPA, IPS, Bahasa)
  4. Penjurusan akan dilakukan sesuai minat tanpa test terlebih dahulu seperti sekarang
  5. Dan untuk mata pelajaran, kita juga memilih sesuai minat
  6. Pelajaran tentang anti narkoba akan dimasukan ke dalam mata pelajaran
  7. Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib
UN TANPA PENGAWAS RUANGAN
Pengawas ruangan biasanya yang akan menjadi penghambat dalam kegiatan contek mencontek yang dilakukan sebagian siswa. Tapi apa jadinya jika tidak ada pengawas ruangan saat ujian? Mungkin suasananya akan tidak kondusif. Tapi pemerintah semata mata menyetujui keputusan ini agar siswa dapat belajar jujur saat ujian. Dan pemerintah berharap dengan adanya kurikulum baru ini anak anak dapat lebih semangat dalam belajar.
UN AKAN ADA 20 PAKET/ RUANGAN
20 paket? Ga salah tuh!? Kemarin saja yang hanya 5 paket pusingnya minta ampun. Gimana kalau sampai 20 paket? Jadi artinya setiap siswa dalam 1 ruangan akan mendapatkan soal yang berbeda beda. Ya mungkin soalnya hanya di bolak balik atau tidak hanya angkanya yang berubah. Ya semoga saja dengan adanya 20 paket ini kesulitan soalnya akan semakin berkurang. Soalnya kalau kata guru les ku semakin banyak paketnya, maka soalnya pun akan semakin mudah.
TIDAK AKAN ADA PENJURUSAN (IPA, IPS, BAHASA)
Nah kalau yang ini sih aku setuju sekali. Karena penjurusan itu hanya akan bikin galau. Misalnya kayak aku gini. Aku suka sekali pelajaran Geografi. Sementara aku disuruh orangtua ku untuk memilih jurusan IPA. Padahalkan Geografi itu adanya di jurusan IPS L Nah kan kalau sudah tidak ada penjurusan jadi tidak galau lagi dan bebas ingin memilih kemana saja.

PENJURUSAN AKAN DILAKUKAN SESUAI MINAT TANPA TEST
Nah ini yang paling aku ingin kan :D penjurusan sesuai minat tanpa test. Kita bisa memilih pelajaran yang kita sukai tanpa harus melakukan test terlebih dahulu. Misalnya kan seperti aku yang minat di pelajaran Geografi. Aku bisa langsung memilih pelajaran tersebut tanpa harus melewati test terlebih dahulu. Terus kita juga bisa lebih fokus dengan pelajaran yang kita ambil. Jadi tidak akan terbebani dengan pelajaran pelajaran lainnya.
MATA PELAJARAN SESUAI MINAT
“Kalo saya sih maunya pelajaran bahasa jepang ajah. Tapi sayang gaada, yaudahlah==’” -Sahita (15) seorang pelajar yang putus asa karena di sekolahannya tidak ada pelajaran bahasa jepang.
Maaf tadi ada yang curhat --‘’ oke kita lanjut lagi pembicaraannya.-.
Aku sih sangat senang sekali jika bisa memilih pelajaran sesuai minat, apalagi Geografi. Hwaaaaa i like it :3 terus aku juga bisa memperdalam pelajaran Geografi tanpa harus memikirkan pelajaran yang lain yang lebih susah, ya misalnya aja kayak pelajaran Biologi. Terus tas kita juga akan lebih ringan karena tidak terlalu banyak membawa buku. Pekerjaan Rumah (PR) pun akan menjadi lebih sedikit. Ulangannya juga tidak terlalu pusing karena hanya fokus pada satu mata pelajaran. Oh iya tapi setahu aku Kurikulum 2013 itu tidak ada PR karena semua PR maupun tugas dikerjakan di sekolah, kalau pun ada PR ya palingan hanya sedikit.
ADA PELAJARAN TENTANG ANTINARKOBA
Ya kalau aku sih setuju saja jika ada pelajaran tentang ini. Karena anak remaja zaman sekarang harus tahu bahaya narkoba sejak dini agar tidak merusak masa depannya kelak. Terus juga zaman sekarang ini banyak anak anak yang sudah terjerumus ke dalam lembah setan yang satu ini. Nah dengan adanya pelajaran ini diharapkan anak dapat menyadari dan juga menjauhi barang haram yang satu ini, yaitu narkoba.
PRAMUKA MENJADI EKSTRAKULIKULER WAJIB
Nah ini bagian asemnya dari Kurikulum 2013. Pramuka jadi ekskul wajib._. what!? WAJIB!? Tidaaaaakkkkk!!!! Aku sangat tidak setuju dengan keputusan yang satu ini. Kenapa harus pramuka gitu? Kan masih banyak ekskul lain yang lebih menyenangkan. Ya sebenarnya sih aku memang tidak suka pramuka sejak aku SD. Karena kegiatannya terlalu menjenuhkan dan harus berpanas panasan dibawah sinar matahari, iuuhh-___- Kalau aku boleh kasih saran nih yang lebih baik diganti dengan pengembangan bakat seperti di sekolah ku setiap hari Jumat siang. Disana ada Tari Saman, Vokal, Melukis, Basket, Gitar, Shuffle Dance, Fotografi, Mading, dan Baca tulis Alqur’an. Itu kan lebih menyenangkan dan tidak harus berpanas panas di luar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar