Mengapa setiap manusia disebut sebagai pemimpin? Karena setiap
manusia adalah pemimpin yang memimpin dirinya sendiri. Bagaimana cara menjadi
pemimpin yang baik? Leadership mengajarkan bagaimana cara menjadi seorang
pemimpin / Khalifah yang fil ardh, sehingga mampu menghasilkan generasi yang
baik.
Leadership bisa diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari tentang
kepemimpinan. Leadership berfungsi sebagai pengembangkan potensi diri seseorang.
Sedangkan potensi adalah bakat yang ada di dalam diri seseorang.
Leadership skills adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap
manusia sebagai khalifah fil ardh.
Leadership skills
terdiri dari:
1. Mengenal Diri ( Understanding Self)
2. Komunikasi (Communication)
3. Menyatu Dengan yang lain (Getting along with
others)
4. Belajar Untuk Belajar (Learning to Learn)
5. Membuat Keputusan (Decision Making)
6. Mengatur (Managing)
7. Bekerja Dalam Kelompok (Working with Group)
A. MENGENAL DIRI (
UNDERSTANDING SELF)
Jika seseorang mengenal dirinya, pastilah dia
mengenal siapa Penciptanya. Mengenal diri berarti mengenal siapa Tuhannya,
mengenal untuk apa dia diciptakan, mengenal kenapa dia hadir di dunia ini,
mengenal tugas apa yang harus dilakukan dalam kehidupan ini, mengenal apakah
ini bermakna atau tidak.
Pada dasarnya, manusia diciptakan semata-mata
hanya untuk menyembah Allah dan menjadi seorang Khalifah di bumi. Allah
berfirman dalam Surat Ad. Dzaariyaat ayat 56, “Dan Aku hendak menciptakan jin
dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” Dan Allah berfirman dalam
Surat Al Baqarah ayat 30, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah
di muka bumi.”
B.
KOMUNIKASI
( COMUNICATION )
Di dalam kegiatan berkomunikasi, kita bisa
menjadi Pendengar dan Pembicara.
Adapun ciri-ciri pembicara yang baik, yaitu:
1.
Jika berbicara, dia tidak berbohong.
2.
Saat berbicara, dia tidak tergesa-gesa.
3.
Saat berbicara, dia tidak menyindir atau
membicarakan orang lain.
4.
Saat berbicara, menjaga sikap dan emosi.
5.
Bahasa yang digunakan, baik,sopan dan santun.
Adapun ciri-ciri pendengar yang
baik, yaitu:
1.
Berhenti berbicara saat ada yang berbicara.
2.
Membuat agar pembicara tenang dan membantu agar ia
mempunyai kebebasan berbicara.
3.
Memperlihatkan minat dan perhatian memang
benar-benar ingin mendengarkan.
4.
Menyingkirkan segala sesuatu yang dapat
mengalihkan perhatian.
5.
Menunjukan sikap empati kepada pembicara.
6.
Bersikap sabar, tidak memotong pembicaraan.
7.
Menjaga amarah.
8.
Santun dalam berargumentasi dan memberi kritik.
C.
MENYATU
DENGAN YANG LAIN ( GETTING ALONG WITH OTHERS )
Manusia adalah makhluk social yaitu makhluk
yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan manusia yang lainnya. Makan
dari itu, kita harus menyatu dengan yang lain agar kita memperoleh banyak
teman. Untuk memperoleh teman yang banyak, kita dituntut untuk besikap baik,
ramah, sopan santun, saling tolong menolong pada semua orang. Agar kita dapat
diterima oleh orang lain, kita harus saling berbagi, peduli dan saling percaya.
D. BELAJAR UNTUK BELAJAR ( LEARNING TO LEARN )
Dalam kegiatan belajar yang baik, hal pertama
yang harus kita lakukan adalah Menentukan Tujuan Belajar. Tujuan Belajar adalah
Sesuatu yang ingin kita capai dari sebuah kagiatan belajar yang kita lakukan.
Dengan adanya tujuan belajar yang jelas, kita dapat mengukur apakah tujuan kita
sudah tercapai atau belum.
Kriteria tujuan belajar yang baik adalah:
1.
Tujuan belajar harus jelas.
2.
Dalam menentukan tujuan harus yang paling menarik
dan bermanfaat bagi diri sendiri.
3.
Tujuan belajar harus jelas tingkat pencapaiannya.
Apakah sekedar tau, bisa, terampil, atau mahir.
E.
MEMBUAT
KEPUTUSAN ( DECISION MAKING )
Terkadang, dalam membuat keputusan, kita
sering bingung keputusan apa yang harus kita ambil. Seperti dalam hal:
Menentukan
Tujuan
Tujuan
adalah maksud atau keinginan yang ingin dicapi. Setiap orang pasti mempunyai
tujuan masing-masing. Dan setiap orang mempunyai keputusan yang berbeda-beda
dalam menentukan tujuannya.
Dalam
segi batasan waktu pencapaian, tujuan dibagi menjadi 3, yaitu:
1.
Tujuan jangka pendek: Waktu pencapaiannya kira-kira
3 bulan- 1 tahun.
2.
Tujuan jangka menengah: Waktu pencapaiannya kira-
Kira 1 tahun- 3 tahun.
3.
Tujuan jangka panjang: Waktu pencapaiannya
kira-kira
3 tahun- 5,10tahun.
Mengatasi
Masalah
Setiap
orang pasti mempunyai suatu masalah. Setiap masalah perlu dihadapi dan
memerlukan penyelesaian.
Langkah-langkah
dalam memecahkan suatu masalah:
1.
Identifikasi masalah
2.
Mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan
masalah tersebut.
3.
Membuat alternative pemecahan masalah.
4.
Mempertimbangkan alternative masalah tersebut.
5.
Memutuskan untuk memilih salah satu alternative
masalah.
6.
Melaksanakan apa yang telah diputuskan.
7.
Mengevaluasi.
F.
MENGATUR ( MANAGING )
Kita
sebagai manusia, dituntut untuk mengatur berbagai hal yang menyangkut diri
sendiri dengan baik dan benar. Macam-macam mengatur, diantaranya:
·
Mengatur Diri Sendiri
Mengatur Diri sendiri yaitu mengatur kehidupan
kita sendiri. Sebelum mengatur diri sendiri, kita harus mengetahui hal-hal apa
saja yang baik untuk kita dan hal-hal apa yang buruk bagi kita. Dengan kita
mengetahui hal tersebut, kita dapat mengatur diri kita sendiri dengan baik.
·
Mengatur Waktu
Waktu merupakan sumberdaya yang tidak dapat
diperbaharui. Maksudnya, waktu tidak akan bisa diulang dan tidak dapat kembali
karena waktu terus berjalan.
Semua orang mendapatkan waktu yang sama yaitu 24
jam. Tapi yang membedakannya, hanya cara pemanfaatan waktunya saja.
Ada 4 buah kategori pemborosan waktu, yaitu:
1.
Pekerjaan
yang sibuk
Melakukakan pekerjaan yang tidak penting atau
sepele, sedangkan pekerjaan pentingnya belum dilakukan.
2.
Penundaan
Menunda pekerjaan / tugas dengan sengaja.
3.
Alasan-alasan
Membuat alasan-alasan tertentu untuk melakukan
suatu pekerjaan yang penting.
4.
Penyesalan-penyesalan
Menyesali diri sendiri terus menerus dan tidak mau
berjuang untuk maju.
Cara-cara menghemat waktu:
1.
Tidak
menunda-nunda perkerjaan
2.
Melakukan
suatu pekerjaan dengan gesit
3.
Tidak
memperbanyak melakukan hal yang tidak penting
·
Mengatur perencanaan
Perencanaan adalah serangkaian kegiatan dalam
menentukan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan. Agar suatu kegiatan
dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan, diperlukan perencanaan
yang baik.
Cara mengatur perencanaan:
1.
Tidak
plin plan dalam merencanakan sesuatu
2.
Jika
merencanakan suatu kegiatan dengan teman, maka musyawarahkanlah terlebih dahulu
rencana-rencana yang telah diajukan.
3.
Setelah
sepakat dengan perencanaan tersebut, maka lakukanlah sesuai dengan rencana.
G. BEKERJA DALAM KELOMPOK ( WORKING WITH GROUP
)
Kelompok adalah Sekumpulan 2 orang atau lebih yang
saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
Ciri-ciri kelompok:
1. Terdiri dari 2 orang atau
lebih
2. Ada kerjasama sesama
anggota kelompok
3. Ada kesamaan tujuan yang
akan dicapai
4. Ada kesamaan tindakan.
Hampir semua kegiatan, dilakukan secara
berkelompok. Di dalam suatu kelompok, mereka akan saling menghormati dan
menghargai perbedaan-perbedaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar