Senin, 28 Januari 2013

Metode mengajar guru yang diinginkan


Guru yang menyenangkan? Atau guru yang menyebalkan? Hm... itu sih sudah biasa. Disetiap sekolah pasti kita punya guru favorit atau juga malah sebaliknya. Punya guru yang agak menyebalkan terus kita kurang suka. Tapi tahu tidak, ternyata penyebab guru bisa menyenangkan ataupun bikin kesel atau nyebelin itu karena cara mereka mengajar dan ya karena sikap kita juga sih, sopan atau malah tidak sama sekali. Tapi aku punya beberapa wish nih buat para guru supaya mereka mengajarnya jadi lebih enak.

1.     Tidak membosankan, setidaknya guru memberikan games atau kuis di setiap pelajaran agar saat belajar tidak jenuh dan memberikan point lebih sebagai hadiahnya.
2.    Sebaiknya guru jangan menjelaskan suatu materi terlalu cepat, siapa tau saja ada muridnya yang belum terlalu paham tetapi guru tersebut terlanjur melanjutkan materi. Sebenarnya sih ini terjadi juga dengan saya._. hehe. Jadi waktu itu saya sedang tidak mood belajar dan agak sedikit ngantuk. Sementara guru tersebut terus menjelaskan materinya cepat sekali. Saat saya bertanya ke teman sebangku saya pun dia juga tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh guru tersebut dan akhirnya benar, ternyata teman sekelas saya tidak ada yang mengerti dengan materi yang diajarkan tersebut-_- Jadi sekarang disini siapa yang salah? Gurunya atau muridnya? Hmm... entahlah kalian pun juga bisa menentukan._.
3.    Jangan memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang terlalu banyak. Iya sih sebenarnya PR dan tugas itu bagus untuk kita latihan, tapi kalo dari semua pelajaran ada PR terus harus dikumpulkan secepatnya kan itu malah menjadi beban juga. Bayangkan saja sudah pulang sore, terus banyak tugas dan PR terus ditambah lagi yang ikut les atau bimbingan belajar yang pulangnya sampai malam. And then mau ngerjain tugasnya kapan kalau pulangnya malam?._. *haduh kok malah jadi curhat ya* Ya jadi ini untuk para guru, ini sedikit curahan hati seorang pelajar yang terbebani oleh banyaknya tugas dan PR.-.
4.    Oh iya ini disarankan untuk para guru jika ingin memberi kisi kisi untuk ujian jangan pas H-1 mau ujiannya ya. Karena ini terjadi lagi dengan saya. Jadi waktu itu pas mau ujian semester 1 ada seorang guru mata pelajaran *** yang memberikan kisi kisi pas H-1 dan kisi kisinya kalo tidak salah ada sekitar 30 halaman. Iya sih kisi kisinya bagus udah dirangkumin, tapi kenapa mesti dikasih pas besoknya mau ujian, kan repot ngafalinnnya :’( sampai sampai saya mesti begadang sampai jam 12 malam untuk belajar dan menghafalkan kisi kisi tersebut:(
Ah sudah ya curhatnya, sampai ketemu di postingan selanjutnya:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar