Minggu, 16 September 2012

Ulangan Ekonomi Essay Kelas X

Soal :
 
1.Kebutuhan Anda sebagai siswa!
2.Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
3.Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
4.Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !

 Jawaban:

1 . Buku Pelajaran, Alat Tulis, Seragam, Sepatu, Tas, Uang Saku, Hiburan
2. – Dengan menggunakan skala prioritas
    -  Menggunakan barang subtitusi (barang pengganti)
    - Mengolah barang bekas menjadi barang yang layak dipakai
3. Saya ingin membeli sebuah tiket konser tetapi disaat yang bersamaan saya harus membeli kado untuk adik saya. Jadi saya lebih memilih membeli kado untuk adik yang disebut biaya peluang (implisit) sedangkan tiket konser yang tidak saya pilih disebut eksplisit
4. Indonesia lebih baik menganut sistem ekonomi campuran. Mengapa? Karena pemerintah belum mampu mewujudkan perekonomian yang lebih baik, untuk itu maka swasta lah yang bisa membantu pemerintah untuk mewujudkan perekonomian yang lebih baik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar